Thursday, May 3, 2007

di balik pencabutan asuransi nussalife

Oleh Anugerah Perkasa
1.584 words



TAK ADA akhir pekan yang menyenangkan bagi Binsar Sitohang di awal April tahun ini. Kekecewaannya membubung saat menerima kabar Departemen Keuangan mencabut izin delapan perusahaan asuransi, termasuk PT Asuransi Jiwa NussaLife Financial. Ini adalah perusahaan yang ingin dibenahinya. Jangankan rehat, dia langsung memimpin rapat maraton bersama rekan-rekannya selama dua hari. Mereka makin merapatkan barisan.

"Kami sudah cukup banyak kerugian untuk membenahi perusahaan," ujar Sitohang, bercampur geram. "Departemen Keuangan tidak kooperatif."

Departemen Keuangan pada 5 April lalu mencabut lima perusahaan asuransi jiwa dan tiga asuransi umum dengan alasan tidak mampu membayar klaim. Sebelum ditutup, delapan perusahaan itu juga dikenakan status pembatasan kegiatan usaha (PKU) dalam masa yang berbeda. NussaLife sendiri menerima status PKU itu pada 12 Oktober 2005.

Sejak 1991, perseroan itu dimiliki oleh Handoko Winata dan dikenal dengan nama Intan Life. Tujuh tahun berikutnya, kepemilikan saham terbesar beralih ke Fadel Muhammad-pengusaha sekaligus politikus-dan sepuluh persennya oleh PT Marga Investindo. Fadel aktif di Partai Golongan Karya (Golkar), kini menjabat sebagai Gubernur Gorontalo untuk kedua kalinya periode 2006-2011.

Pergantian kepemilikan terus berlanjut. Fadel menjual sahamnya kepada pebisnis Tubagus Adjenar Arifin pada Desember 2003, setelah mengalami kerugian setahun sebelumnya. Pada Juni 2005, nama perseroan pun berubah menjadi NussaLife.

Sebelumnya, Direktur Direktorat Asuransi Departemen Keuangan Firdaus Djaelani pernah menemui Fadel karena kinerja perusahaan yang kian memburuk. Fadel bangkrut, papar dia, karena pengaruh krisis moneter pada 1997 silam. "Usahanya banyak, pinjamannya juga banyak."

Setelah penjualan dilakukan, Arifin sebagai pemilik baru meminta Sitohang memimpin Tim Restrukturisasi dan Penyehatan NussaLife pada Maret 2006 di bawah pengawasan Direktorat Asuransi. Tujuannya, agar klaim beserta cadangan yang belum dibayarkan sebesar Rp28 miliar dapat dipenuhi dan perusahaan sehat kembali.

Namun, urusannya menjadi tidak sederhana.

Aset milik Arifin berupa perkebunan PT Perkebunan Djasinga di Bogor, Jawa Barat, senilai Rp40 miliar belum juga terjual. Padahal dana segar dibutuhkan untuk membayar klaim para pemegang polis dan kebutuhan lainnya. Arifin hanya menyetor Rp300 juta dari komitmen awal Rp1,5 miliar pada 2005. Tim tersebut akhirnya memutuskan aksi mereka tak sekadar menjual aset, melainkan memburu investor baru.

Selama beroperasi, Intan Life diperkirakan memiliki 16.000 nasabah yang tersebar di seluruh Indonesia. Ketika perseroan itu merugi, banyak pemegang polis kebingungan. Ada yang ingin melanjutkan pembayaran premi. Ada pula jatuh tempo. Dalam beberapa surat pembaca di media massa, umumnya mereka menanyakan lokasi kantor Intan Life yang sudah tutup di daerah mereka.

Tapi, bagaimana sebenarnya penurunan performa perusahaan itu terjadi?

Goncangan keuangan itu dapat dilihat pada 2002. Sebelumnya, Intan Life memiliki tingkat risk based capital (RBC)-rasio kecukupan modal-sebesar 187% atau melebihi dari ketentuan pemerintah yaitu 120%. Namun waktu itu menukik minus menjadi 153%. Demikian pula laba bersih yang mengalami defisit Rp24,53 juta dari surplus Rp210 juta, setahun sebelumnya.

Sitohang mengungkapkan kerugian itu bermula pada pengeluaran-pengeluaran yang tak menguntungkan perseroan sejak 2000. Biaya tinggi, namun minim hasil. Mulai dari sewa gedung, penempatan dana, hingga tuduhan manipulasi uang nasabah.

"Saya laporkan dana cadangan sudah berkurang namun Fadel tak mengerti. Gagasan saya soal investasi, tidak berkenan di hatinya," ujar Sitohang.

Sitohang memulai karier di bidang asuransi sejak 1972 di Medan, Sumatra Utara. Pada 1991, dia bekerja sebagai Direktur Pemasaran Intan Life dan mendapuk kursi utama enam tahun sesudahnya. Ketidakcocokannya dengan Fadel, membuat dia memutuskan keluar pada September 2002. Posisinya kemudian digantikan Faizal Muhammad, adik kandung Fadel.

Ongkos yang merugikan itu salah satunya adalah perpindahan kantor pusat dari Gedung Nindya Karya, kawasan Cawang, Jakarta Timur ke Graha Anugerah, Pasar Minggu, Jakarta Selatan pada 2001. Sitohang mengungkapkan biaya gedung-yang merupakan milik Fadel-itu demikian menjulang. "Hampir mencapai Rp400 juta setahun."

Sebelumnya untuk sewa kantor lama, perseroan hanya membayar Rp80 juta per tahun. Sedangkan sejak perpindahan tersebut, biaya yang dikenakan adalah Rp80 juta per tiga bulan atau naik empat kali lipat, tepatnya Rp320 juta per tahun. Ini yang membuat Sitohang gerah.

Kegerahan sebelum itu pun terjadi. Pembelian tanah seluas 22 hektare di Malimping, Banten Jawa Barat oleh Fadel pada 2000 membuatnya tak habis pikir. Sitohang mengatakan harga tanah tersebut per meternya hanya berkisar Rp2.000 karena sama sekali tak potensial dan gersang. Namun akhirnya, uang yang digelontorkan mencapai Rp990 juta.

"Saya terpaksa dan sakit hati. Nilai yang dilambungkan besar sekali."

Fadel juga membuka PT Ramanda Multi Media-yang bergerak di bidang e-commerce- dengan modal Rp1,20 miliar dari Intan Life, dan menunjuk orang dekatnya, Ramles Manampang Silalahi sebagai direktur utama. Namun, perusahaan itu tak jelas bisnisnya.

Ramles merupakan alumnus mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 1975 dan dikenal sebagai aktivis anti-Soeharto. Dia juga menjabat Ketua Departemen Penerangan Dewan Mahasiswa ITB periode caretaker 1977.

Ramles bergabung dengan Fadel saat mendirikan PT Bukaka Kujang Prima dengan fokus rekayasa dan konstruksi pabrik pada 1991. Fadel sebelumnya bekerja di PT Bukaka Teknik Utama, milik Jusuf Kalla, saudagar asal Makassar, Sulawesi Selatan yang kini menjabat Wakil Presiden. Kedekatan keduanya dimulai dari sana.

Loyalitas yang ditunjukkan Ramles memang membuahkan hasil. Sikap itu juga yang membuatnya mendapatkan sejumlah jabatan dan kepemilikan saham di perusahaan milik tokoh Golkar tersebut. Misalnya saham 25% di Golden Key Group-perusahaan peninggalan koruptor Eddy Tanzil-yang dibeli Fadel pada 1997. Lainnya, Ramles juga menjadi komisaris di PT Bank Intan dan Intan Life serta menjadi direktur pada PT Anugerah General Insurance (AGI) sekaligus di Ramanda. Dia memutuskan berhenti sekitar 2002.

Cerita dari Kusdiarto, mantan Direktur Keuangan Intan Life periode 1998-2000, membenarkan betapa dekatnya hubungan antara keduanya. Ramles dinilai punya pengaruh karena dukungan Fadel dalam setiap pengambilan keputusan, termasuk investasi. Dia mencontohkan soal pembelian tanah di Malimping, Banten.

"Dia adalah otak dari tim investasi. Sitohang tidak dilibatkan secara langsung," ujar Kusdiarto. "Power-nya besar sekali."

Kusdiarto mundur Desember 2000 karena tidak sepaham dengan Ramles soal investasi. Lainnya, sambung dia, adalah prinsip-prinsip akuntansi yang tidak diterapkan secara benar. Saya menanyakan apakah ada dugaan manipulasi akuntansi yang dilakukan selama ini.

"Saya tidak mengatakan itu, tapi mustinya dikelola berdasarkan prinsip akuntansi yang benar," timpalnya.

Kusdiarto kini menjabat sebagai manajer sumber daya manusia di sebuah perusahaan yang bergerak di bidang minyak dan gas lepas pantai. Setahu dia, Ramles kini tak berbisnis lagi dan sakit-sakitan. Kabarnya Ramles memilih menjadi pendeta.

Dugaan ini tidak sepenuhnya salah. Dari bibir Joshua Silalahi, anak bungsu Ramles, meluncur kesaksian bahwa ayahnya memang aktif di pelayanan gereja kawasan Panglima Polim, Jakarta Selatan. Soal sakit, ayahnya pernah terkena vertigo dan kini memakai hearing aids karena indera dengarnya bermasalah. Joshua mengatakan Ramles berjumpa Fadel pada akhir 2006 dalam sebuah pertemuan tertutup. Namun, dia mengaku tak mengetahui isi pembicaraan maupun tempatnya.

"Sekarang papa di mana?" tanya saya.
"Baru saja berangkat ke luar negeri."
"Ke mana?"
"Ke Israel."

Tak hanya soal Ramles, saya juga menanyakan soal Ramanda, AGI hingga pembelian tanah di Malimping kepada Fadel melalui telepon. Jawabannya hampir serupa: tidak ingat. Terakhir, Fadel malah meminta saya agar berhati-hati dengan Sitohang.

Fadel balas bertanya, mengapa saya meminta informasi tentang sesuatu yang telah usang. Menurut dia, lebih baik meliput tentang pertumbuhan ekonomi ke masa yang akan datang. "Ngapain mempersoalkan barang-barang seperti itu," tandas Fadel, "semuanya sudah masuk kubur."

Namun bagi Sitohang, masalah itu belum lagi rampung. Dia menduga Fadel mengetahui sisa dana nasabah Rp13,47 miliar yang ditempatkan pada deposito berjangka setelah dirinya keluar. Pada 2002, jumlah investasi tersebut mencapai Rp13,90 miliar, namun melorot drastis menjadi Rp422,48 juta setahun sesudahnya.

Laporan keuangan Intan Life 2003 menyatakan, jumlah total pendapatan adalah Rp15,14 miliar atau menurun dibandingkan 2002 yaitu Rp18,68 miliar. Kalau dikurangi beban asuransi bersih Rp15,12 miliar maka terdapat sisa Rp21,55 juta.

Jika dikalkulasi dengan jumlah deposito yang tidak berkurang, seharusnya perusahaan mendapatkan jumlah lebih dari Rp21,55 juta. Laporan itu mencatat, Intan Life sendiri merugi Rp5,13 miliar.

Tak hanya soal deposito. Fadel juga diketahui menarik Rp4,20 miliar pada Desember 2002 sebagai pinjaman sub-ordinasi, dengan bukti sebuah cek dari Faizal Muhammad sebagai gantinya. Tindakan tersebut sebenarnya dilarang oleh Keputusan Menteri Keuangan (KMK) No.481/1999 tentang Kesehatan Keuangan Perusahaan Perasuransian, karena kondisi perusahaan tengah sakit.

Pada pasal 27 KMK tersebut dinyatakan, perusahaan asuransi dilarang mengembalikan pinjaman sub-ordinasi atau melakukan segala bentuk pengalihan modal kepada pemegang saham apabila menyebabkan tidak terpenuhinya tingkat solvabilitas sesuai peraturan.

Ini yang menyebabkan kuasa hukum Tim Restrukturisasi dan Penyehatan NussaLife mengirimkan undangan klarifikasi untuk Fadel pada November dan Desember 2006. Namun tak ada tanggapan. Pada Januari lalu, surat peringatan terakhir kembali dilayangkan sebelum mempersiapkan langkah hukum.

"Fadel," ujar Sitohang, "akan tetap kami kejar."

Pengambilan dana itu pun membuat gusar Agung Putra, Wakil Ketua Panitia Tim Restrukturisasi dan Penyehatan. Menurut Agung, dalam transaksinya Fadel berjanji, penarikan itu akan langsung diganti oleh Faizal dengan jumlah yang sama.

Tapi Faizal hanya menyerahkan cek tersebut ke perusahaan-bukan bank-sehingga uang pun belum cair. Lagipula, timpal Agung, pengambilan uang oleh Fadel harus terlebih dulu melalui rapat usaha pemegang saham. Tidak bisa seenaknya.

Serupa dengan kakaknya, Faizal pun diminta datang untuk memberikan klarifikasi kepada Tim itu pada Februari 2007. Tapi jawabannya, nihil.

Agung sendiri mulai bergabung ke Intan Life pada 2004. Sebelumnya, pernah menjabat sebagai Kepala Cabang Bank Nusa Jakarta Pusat periode 1993-1998. Dia mulai terjun ke dunia asuransi sejak bergabung ke Asuransi Mubarakah pada 2002.

"Ada yang mengejar dugaan pelanggarannya. Saya memfokuskan pada investor baru yang mau masuk. Semua orang di sini berjuang," ujar dia.

Tak sekadar soal Fadel. Tim tersebut kini tengah meminta klarifikasi ke Fuad Rahmany, Ketua Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan, soal pencabutan izin NussaLife. Menurut Agung, penutupan tersebut menandakan regulator mengabaikan latar belakang dan kemajuan kinerja Tim Restrukturisasi dan Penyehatan dalam mengembalikan kesehatan perusahaan. "Padahal," ujar dia, "Departemen Keuangan juga yang membentuk kepanitiaan ini."

Saya mendatangi kantor NussaLife di kawasan Cassablanca, Jakarta Selatan. Ada nasabah yang kebingungan. Marah. Tapi ada pula kesedihan karyawannya. Salah satunya, Christina Leander yang bergabung ke perusahaan itu sejak 1994.

"Saya ditelepon malam-malam dan diberitahu tentang pencabutan itu. Padahal baru saja sampai di rumah. Saya sampai nangis, badan saya gemetaran." (anugerah. perkasa@bisnis.co.id)

16 comments:

Eriek said...

mas nugi, apa kabarnya? masih ingat saya kan? up date lagi dong yang baru. hehe...:)

ANUGERAH PERKASA said...

baik riek,
tentu masih ingat dong. yang angkat-angkat kursi deket kolam renang kan?hehehehehe...

yatno said...

saya mewakili seluruh nasabah asuransi jiwa intan cirebon yang sampai saat ini tidak tau kabar beritanya,tolong kalau ada kabar berita,kasih tau ya.teimakasih sebelumnya

Hardiman said...

Mungkin akan lebih bermanfaat kalo mas Anugrah perkasa juga menenusuri bagaimana penanganan para pemegang polis selanjutnya setelah Asuransi Nussa life ini dibekukan.

Semua pemegang polis kebingungan dan akan sangat terbantu bila ada secercah informasi tentang nasib mereka, termasuk saya. SOalnya sampai saat ini tidak ada follow up apa-apa dari pemerintah untuk menekan para pengurus Nussa Life agar menyelesaikan kewajibannya kepada para nasabah. Sepertinya pemerintah cq depkeu lepas tangan saja setelah mengambil keputusan.

ANUGERAH PERKASA said...

Pak Hardiman yang baik,

Pemerintah kini memang lepas tangan. Setahu saya, tim penyehatan pimpinan Binsar Sitohang membubarkan dirinya. Mereka merasa ditipu oleh Tubuagus Adjenar Arifin yang mencoba mengambil sisa uang di bank. Sampai sekarang belum ketahuan kelanjutannya. Kantor terakhir mereka di kawasan kampung melayu, juga sudah tak ada. terima kasih.

falcataria said...

Seperti rekan senasib yang lain, saya coba menelusuri tabungan yang saya paksakan sisihkan dari gaji setiap bulan yang tadinya diharapkan dapat menambah bekal pensiun.
Ternyata bahkan sampai Departemen Keuangan sama sekali tidak ada setitik harapanpun tampak.
Kesimpulan saya asuransi tanpa perlindungan pemerintah, tidak ada bedanya dengan arisan lebaran kemarin atau bisnis sejenis, yang mungkin sudah direncanakan sejak awal pendiriannya. Toh tidak ada sanksi apa2. Kalo ada informasi lain tentang kasus Nussa Life ini, mohon diangkat lagi. Terima kasih mas.

Thomas said...

Trims Mas Anugerah Perkasa atas kisah jaman ini memang jaman Petruk dadi ratu... sayang Semar ( Gus Dur ) secara kasat mata sudah tidak bersama kita. Semoga alam semakin jelas menegur dan mengingatkan orang terhormat yang tidak perlu dihormati.

Unknown said...

orang tua saya salah satu nasabah intan life yang sudah selesai pembayaran preminya, selanjutnya mohon informasi dr. teman2 jika mau klaim kami harus kemana...terima kasih sebelumnya. utk mas anugrah terima kasih atas info pencerahannya

Aaron said...

Bagaiman yah barnnya Nussalife.

Saya baru ditayakan Oleh Saudara saya tentang intan life,mereka mau mencairkan Asuransinnya yang sudah jatuh tempo.
di kota asalnnya Pematang Siantar,dan kantornnya di sana sudah lama tutup,semenyara di kota medan juga sudah tutup.

Kebetulan Saya orang Asuransi kesehatan,makannya mereka bertannya kepada Saya..........tolong bantu donk saya...untuk Kasus ini,salam aaron

Aaron said...

Bagaiman yah barnnya Nussalife.

Saya baru ditayakan Oleh Saudara saya tentang intan life,mereka mau mencairkan Asuransinnya yang sudah jatuh tempo.
di kota asalnnya Pematang Siantar,dan kantornnya di sana sudah lama tutup,semenyara di kota medan juga sudah tutup.

Kebetulan Saya orang Asuransi kesehatan,makannya mereka bertannya kepada Saya..........tolong bantu donk saya...untuk Kasus ini,salam aaron

Aaron said...

Bagaiman yah barnnya Nussalife.

Saya baru ditayakan Oleh Saudara saya tentang intan life,mereka mau mencairkan Asuransinnya yang sudah jatuh tempo.
di kota asalnnya Pematang Siantar,dan kantornnya di sana sudah lama tutup,semenyara di kota medan juga sudah tutup.

Kebetulan Saya orang Asuransi kesehatan,makannya mereka bertannya kepada Saya..........tolong bantu donk saya...untuk Kasus ini,salam aaron

ANUGERAH PERKASA said...

Sahara dan Aron, maaf saya terlambat membalas pertanyaan Anda. Saya kira sekarang nasabah kesulitan untuk mencairkan klaim mereka. Tapi jika ingin berusaha, sebaiknya minta penjelasan ke Biro Asuransi Bapepam-LK Kementrian keuangan. Tapi saya pesimistis nasabah akan mendapatkan ganti dari tutupnya asuransi ini. Mohon maaf dan saya turut bersimpati atas masalah ini.

Anonymous said...

Bang Anugerah, ini kasusnya sudah sampai bagaimana sekarang? trims http://suaraagraria.com

Unknown said...

Salam kenal..
Saya baru tau ini asuransi historynya..
Kebetulan istri saya baru dapat kwitansi pembayaran asuransi yang dulunya asuransi jiwa intan.. kalau dilihat start awal pembayaran pertama tahun 1992.. dengan produk asuransi jiwa..
Langsung ke topik aja mas.. apakah masih bisa di cairkan asuransi tersebut..
Terima kasih..

Amisha said...


Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

Unknown said...

Orang tua saya sengaja menyisihkan pendpatan kerjany untuk ikutan asuransi ini brtahun tahun
Semoga mereka dksih musibah sepnjang hidupny